Okay…. melanjutkan dari yang sudah mintech bahas di artikel sebelumnya tentang fusion splicer, kali ini akan kita kupas cara pengoperasian alat tersebut, telah kita tahu tugas utama dari splicer ialah sebagai alat penyambungan kabel jaringan yang menggunakan media transmisi kabel fiber optik.

Bagian bagian fusion splicer

Dalam langkah kerjanya, penggunaan splicer mengharuskan operator faham lebih dulu beberapa bagian pada alat tersebut. Dimaksudkan agar ketika menggunakannya, operator tidak bingung dalam pengoperasian penyambungan. Dan berikut bagian bagian dari fusion splicer.

  1. V groove

V groove adalah bagian di dalam alat fusion splicer berupa dua buah tatakan posisi kiri dan kanan dalam fusion, berbahan besi batangan dengan bentuk lubang seperti huruf V. Pada dua tatakan inilah kabel FO yang akan disambung diletakkan. Sebelum akhirnya oleh splicer nantinya akan didekatkan dengan ujung kabel FO yang lain untuk disambungkan.

Proses penyambungan pada kabel FO merupakan proses fusion-peleburan dengan bantuan elektrode sebagai penghantar panas agar dapat melelehkan ujung FO sehingga dapat menyatu. Penyatuannya dilakukan dengan sangat presisi agar mengurangi kemungkinan rugi/loss berlebih pada sambungan kabel.

  • Layar kerja

Sama seperti gadget kekinian lainya, terdapat layar sentuh sebagai media untuk mengendalikan kerja alat. Pada layar inilah fungsi penyambungan akan ditempelkan sehingga operator tinggal menekan pada layar sentuhnya saja.

  • Bagian cover

Cover berguna untuk melindungi komponen bagian dalam fusion sehingga terhindar dari debu dan benda benda asing lain baik selama mesin digunakan / beroperasi ataupun tidak.

  • Batre daya

Batre daya yang digunakan oleh splicer untuk menggerakkan dan mengoperasikan mesin fusion. Sumber daya batre mampu menyimpan listrik cukup untuk pengoperasian alat itu. Ketika batre habis, maka cukup kita recharge menggunakan adapter bawaan mesin.

  • Heating area

Heating area adalah tempat untuk meletakkan kabel FO yang sudah tersambung untuk kemudian dilakukan pengamanan sambungan menggunakan protection sleeve. Protection sleeve berupa plastik serupa sedotan hanya saja pada bagian dalam dilapisi dengan besi yang berguna sebagai penguat, sehingga sambungan FO yang sudah dilapisi dengan protection ini akan jauh lebih aman ketika sudah diletakkan pada terminal atau digunakan.

Pengoperasian Fusion Splicer

Pada prinsipnya alat fusion ini bekerja secara otomatis untuk melakukan penyambungan. Jadi kita selaku operator hanya perlu menyediakan / memasukkan kabel FO yang hendak kita sambung ke dalam mesin fusion. Hanya saja spesifikasi kabel FO yang ingin disambung haruslah memenuhi beberapa kriteria sebelum nantinya oleh mesin akan disambungkan. Diantaranya kriteria tersebut ialah :

  1. Ujung kedua kabel FO harus rata, benar benar rata. Karena secara auto mesin akan menolak untuk menyambungkan jika didapati pada ujungnya kabel ada bentuk/ ketidakrataan sehingga memungkinkan terjadinya renggangan jika dalam sambungan.
  2. Posisi kabel harus tepat diantara dua elektroda penyambungan, tidak boleh terlalu ke dalam/lebih dan tidak boleh terlalu jauh-kurang masuk.
  3. Kabel core harus dalam keadaan bersih tidak terdapat benda asing semisal debu melekat pada kabel

Jika syarat kabel telah terpenuhi, maka kita sebagai operator tinggal meletakkan kedua ujung kabel pada V groove untuk kemudian kita tutup cover fusion lantas kita tekan tombol set. Dari tampilan layar kita akan mendapat informasi tentang sambungan yang kita laksanakan, jika berhasil maka akan ada notif splice complete, jika gagal maka mesin akan otomatis menyebutkan catatan apa yang kurang pada kabel tersebut.

 Selesai melaksanakan penyambungan, kabel kita angkat dengan perlahan untuk kemudian kita bawa / masukkan ke dalam heating area. Proses selanjutnya ialah pemasangan pengaman / protection sleeve pada sambungan untuk menambah kekuatan sambungan antar kabel.

Tidak terlalu rumit memang pelaksanaan penyambungan kabel FO, hanya saja jika tidak kita latih ketrampilan penyiapan dan penyambungan ini, proses penyambungan membutuhkan waktu yang agak lama. Dengan berlatih dan diuji ketrampilan fusioning, maka proses sambung FO akan lebih cepat dan efisien.

Selamat mencoba ….

Surakarta, 09 november 2023

Source : https://www.google.com/search?q=memanaskan+protection+sleeve&tbm=isch&ved=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *