ADA CERITA MENGGUNUNG DI BUPER SEGORO GUNUNG

0

            Perjalanan waktu di tahun 2023 telah mendekati ujungnya. Tak lama lagi dalam beberapa hari ke depan tahun 2023 akan pamit untuk kemudian berganti tahun jadi tahun 2024. Tidak terasa beribu cerita dan berjuta rasa berlalu meninggalkan kisah untuk kemudian menjadi kenangan. Begitu juga kegiatan pembelajaran di SMK “Al-Islam” Surakarta, rentang waktu kurang lebih 6 bulan akan berlalu, dan tak lama lagi siswa siswi semua akan menjalani masa rehat jeda semester gasal mulai pertengahan desember 2023 sampai januari awal tahun depan. Menutup kegiatan siswa di penghujung tahun tersebut kemarin dari tanggal 7 dan 8 Desember 2023 semua siswa kelas X, XI dan XII SMK “Al-Islam” Surakarta berangkat menuju ke bumi perkemahan Segoro Gunung Karang Anyar untuk melaksanakan perkemahan Kamis Jum’at. Agenda ini terbilang baru karena peserta yang terlibat adalah seluruh siswa dari semua kelas. Berbeda dengan perkemahan sebelum sebelumnya dimana peserta hanya kelas X saja (yang melaksanakan ekstra pramuka).

            Maksud dan tujuan kegiatan perkajum ini ialah untuk memberikan refreshment kepada seuluruh warga sekolah setelah bergelut dengan riuh, ruwet dan sumpeknya pekerjaan dan pembelajaran (ah lebay… J). Disamping itu biar ada cerita di dalam perjalanan pendidikan mereka bahwa pendidikan itu tidak melulu tentang kepenatan dan kesibukan berbau ilmu dan buku akan tetapi pendidikan ialah tentang bagaimana menikmati keindahan alam yang ada, pendidikan ialah bagaimana tentang bercengkrama dengan sesama, pendidikan ialah bagaimana bersikap dan mensikai sebuah hal serta bagaimana menyusun langkah strategi agar mampu bertahan dan sukses dalam pendidikan serta kehidupan ke depannya.

            Siswa berkumpul di sekolah sekitar jam 07.00 WIB sambil menanti armada pengangkut yang akan membawa mereka ke bumi perkemahan sekitar 50 kilometer arah timur kota solo. Perjalanan ini ditempuh kurang lebih satu setengah jam dengan bonus pemandangan khas alam gunung. Terlihat selama perjalanan siswa siswi menikmati dengan sendau gurau antar siswa. Kurang lebih pukul 10 pagi rombongan yang terdiri dari 2 buah truk dan 1 bus ukuran sedang tiba di bumi perkemahan nan hijau. Tak berapa lama siswa dan semua peserta bergegas menurunkan bekal dan peralatan pendirian tenda untuk segera diberdirikan untuk kemudian ditempati.

            Acara pertama yang dilaksanakan ialah pembukaan dengan konsep seremonial. Bertindak selaku pembina ialah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ibu Winda Sririyanti, S.Pd. lepas acara pembukaan siswa kemudian melanjutkan dengan acara game seru seruan. Berangsur sore selepas melaksanakan sholat maghrib dan isya’ siswa dan semua peserta kemah bersiap untuk melaksanakan acara api unggun dan pentas seni. Bertindak sebagai pembawa api pemantik api unggun adalah anggota Dewan Ambalan dan kira kira jam 20.00 api unggun menyala. 

            Pentas pertunjukan dari masing masing regu yang sudah ditunjuk berhasil merubah suasana malam di bumi perkemahan malam itu menjadi rancak dan bersemangat. Solah polah tingkah para siswa yang mengilhami peran masing masing dalam pertunjukan seni di malam itu seolah ingin mengabarkan bahwa mereka tidak hanya pandai dalam ilmu teknologi akan tetapi mereka bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan. Keceriaan dan akrab di malam itu akhirnya ditutup dengan penampil terakhir dari regu terakhir. Pentas seni ditutup untuk kemudian semua peserta menuju ke tenda masing masing mengistirahtkan raga setelah seharian asyik masyhuk berkegiatan.

            Menjelang subuh, seluruh peserta dibangunkan untuk persiapan caraka malam. Dalam caraka malam peserta diserahi tugas untuk mencari petunjuk berupa bahan / benda sebagai syarat mengikuti kegiatan berikutnya yaitu lintas alam. Selesai melaksanakan sholat subuh berjama’ah siswa siswi bersiap diri untuk melaksanakan lintas alam di pagi harinya. Lintas alam kali ini semua peserta diwajibkan menyelesaikan perjalanan dalam trek / jalur yang sudah ditentukan oleh panitia sambil menyelesaikan tugas tugas yang diberikan pada masing masing posnya. Ada beberapa pos dan di masing masing pos tersebut peserta wajib menyelesaikan tugas untuk bisa melanjutkan perjalanan ke pos berikutnya. Menjelang siang lintas alam berakhir dan selepas itu peserta dan panitia bersiap untuk melaksanakan ibadah sholat dhuhur berjamaah.

            Kira kira pukul 14.00 kegiatan perkemahan kamis jumat di hari tersebut di tutup. Dan seluruh peserta melepas tali ikat pemancang tenda untuk kemudian merobohkan dan menata kembali tenda ke dalam sarung / tasnya masing masing. Menjelang ashar seluruh rangkaian kegiatan perkemahan berakhir seluruh peserta menanti armada pengangkut untuk kemudian pulang ke rumah masing masing.

11 Desember 2023

Tim media SMK “Al-Islam” Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *