MENJALIN UKHUWAH MELALUI DONOR DARAH

0

Sabtu, 17 Februari 2024

Silaturahim dan persatuan itu penting mengingat saat ini kesuksesan akan dapat diraih jika kita melakukan kolaborasi saling bekerja sama antar sesama. Dan itu yang dilakukan oleh Keluarga Besar Alumni SMK “Al-Islam’ Surakarta, lewat wadah organisasinya yaitu Bangga Skalsa, alumni bekerja sama dengan sekolah menyelenggarakan Donor Darah untuk civitas akademika dan warga umum. Pukul 07 lewat sebuah minibus bertuliskan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Surakarta di seluruh bodynya masuk dan parkir di halam SMK “Al-Islam” Surakarta, pada saat itu seluruh siswa dan bapak Ibu Guru sedang melaksanakan upacara bendera yang diadakan rutin tiap tanggal 17.

Sejalan dengan berakhirnya upacara pagi, serombongan petugas dari PMI Kota Surakarta teratur menurunkan perangkat dan peralatan khusus untuk mencocok darah dari tangan tangan para donatur darah. Ada 3 petugas kesehatan di pagi itu sibuk mempersiapkan ubo rampe kegiatan. Dan sekira pukul 08.00 WIB satu per satu pendonor masuk dan mengecek kondisi kesehatanya sebagai syarat sebelum dilaksanakan pengambilan darahnya. Sebelum diambil darahnya pendonor mengisi form screening riwayat kesehatan dan kegiatannya selama durasi waktu tertentu. Selepas itu peserta akan diarahkan menuju ke meja dokter pemeriksa untuk dites dan dicek kesehatan lewat tekanan darah, golongan darah dan tanda kesehatan lainnya. Selesai diperiksa oleh Ibu Dokter, selanjutnya menunggu giliran untuk menempati bed yang disediakan tempat penyadapan darah menggunakan alat tranfusi.

Tercatat dalam kegiatan di pagi yang cerah itu ada sekitaran 30 peserta yang turut ambil bagian dalam acara amal tersebut. Rata rata yang datang memang dari luar / masyarakat umum disamping juga dari bapak ibu guru dan karyawan SMK serta siswa sekaligus alumni yang turut mandegani acara tersebut berawal hingga akhirnya. Selesai ditranfusi darahnya setiap peserta diberi cindera mata berupa makanan kecil khas pendonor darah sekaligus diberi semacam buku catatan kecil berisi sudah berapa kali melaksanakan donor darah.

Alhamdulillah pelaksanaan acara ini sudah menginjak di tahun keduanya di SMK “Al-Islam” Surakarta hanya berselang beberapa bulan dari penyelenggaraan pertamanya di bulan November tahun kemarin. “insyaallah donor darah akan dilaksanakan secara rutin untuk saling menguatkan ikatan antar alumni sekaligus sebagai bentuk sosialisasi SMK kepada masyarakat umum tentang keberadaan sekolah islam ini” kata Mas Reza selaku ketua panitia donor darah sekaligus ketua ikatan alumni SMK “Al-Islam” Bangga Skalsa. “Mohon doa dan supportnya” tambah Reza.

Memang tidak bisa dipungkiri hadirnya Ikatan alumni SMK “Al-Islam” Surakarta turut aktif mewarnai macam kegiatan yang sekolah laksanakan beberapa tahun belakangan. Selain donor darah ada beberapa kali kegiatan sosial yang sudah organisasi tersebut laksanakan dalam rangka untuk membantu dan support keberadaan sekolah. Diantaranya ialah kegiatan amal bagi takjil di bulan ramadhan yang menurut pengamatan penulis sudah beberapa kali melaksanakannya. Serta kegiatan bhakti sosial yang diadakan di panti sosial / panti asuhan anak yatim dan dhuafa.

Sebagai lembaga tempat para pengurusnya mereka pernah bernaung kiranya hadirnya Bangga Skalsa menjadi sebuah kebanggaan karena dengan begitu artinya alumni masih mempunyai ikatan batin kepada almamaternya, teman sebayanya serta kenangan kenangan yang mungkin mereka pernah enyam selama bersekolah di SMK ini.

Selamat….semoga sukses untuk bangga Skalsa dan sukses untuk acara acara sejenis lainnya ke depan

Tim media SMK “Al-Islam” Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *