PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

0

27 Rajab 1445

                Bagi manusia biasa  tentu tidak akan pernah bisa membayangkan bagaimana perjalanan yang menempuh jarak beribu ribu kilometer ditambah dengan perjalanan menjelajah dan bertemu langsung dengan Rabb penciptanya di arsy langit ketujuh nan jauh disana dapat ditempuh hanya dalam waktu satu malam saja. Para ilmuwan dari disiplin ilmu apapun tentu tidak akan pernah bisa merumuskan bagaimana dan dengan cara apa peristiwa tersebut bisa terjadi. Ditambah  bagi pelakunya sendiri yaitu baginda Nabi Muhammad SAW tidak terdampak / atau merasakan efek samping apapun ketika menjalani perjalanan itu. Ini tentu menjadi salah satu keajaiban atau mukjizat dari beliau atas seizin dari Allah SWT.

Peristiwa isra’ mi’raj sarat nilai. Mulai dari sisi religi, historis dan hikmah. Karena ada begitu banyak pelajaran yang didapatkan dari peristiwa yang menjadi bahan olokan kaum kuffar kepada baginda Nabi sampai sampai penisbatan orang gila dan sudah hilang akal disematkan pada beliau. Namun tidak berlaku untuk kaum muslimin, peristiwa tersebut semakin menunjukkan bahwa adanya Muhammad adalah benar benar manusia pilihan Allah diberi kemampuan dan kekuataan dan amanah agar dapat menyebarluaskan kebajikan berupa ajaran agama islam ke seluruh umat manusia.

Sadar akan nilai yang terkandung tersebut, SMK  “Al-Islam” Surakarta lewat bagian kesiswaaan menggelar acara pengajian umum untuk mengenang peristiwa bersejarah bagi peradaban agama islam tersebut. Kegiatan yang dihelat pada tanggal 13 Februari 2024 berupa pengajian dimana sebagai nara sumber / pengisi ceramah dalam pemgajian tersebut ialah penceramah dari Pondok Pesantren Darut Tauhid Colomadu Karanganyar. Beliau ialah ustadz Nur Muhammad Al Hafidz yang pada acara itu mengenakan baju muslim identic dengan pondok pesantrennya. Acara dipandu oleh MC dari kelas X dan kelas XI.

Dalam isi ceramahnya ustadz Nur Muhammad menerangkan tentang hikmah yang bisa diambil dari perjalanan baginda nabi dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, diantaranya ialah :

  1. Dari sekian jenis ibadah yang diperintahkan oleh ALLAH SWT, ibadah sholat menjadi satu satunya yang diperintahkan langsung oleh Nya dalam isra’ Mi’raj. Mengingat pentingnya ibadah sholat yang sudah ditentukan waktu oleh Allah SWT sebagai media penjembatan / komunikasi antara makhluk dengan penciptanya agar dapat meluapkan segala harap, keluh kesah dan hajat hidup di dunia. Namun sayangnya sudah diberi fasilitas seperti itu pun banyak manusia yang mengaku muslim masih saja menganggap enteng ibadah sholat. Mengulur waktu mengerjakan sholat bahkan ada yang sengaja meninggalkan sholat. Peringatan isra’ mi’raj ini dimaksudkan untuk kembali mengingatkan kepada kita akan pentingnya ibadah sholat.
  2. Begitu sayang dan pahamnya Nabi Muhammad kepada umatnya dan tahu watak serta kemampuan umatnya. Al hasil awal mula perintah sholat yang diwajibkan Allah SWT sebanyak 50 kali dalam sehari berkat usaha nabi akhirnya perintah sholat yang diwajibkan kepada muslimin hanya sebanyak 5 kali dalam sehari. Bentuk perhatian luar biasa sang manusia mulia kepada kita semua mengingat betapa tipisnya kemampuan dan keimanan yang kita sandang. Dan besarnya godaan dari makhluk yang bernama setan iblis laknatullah
  3. Pentingnya menjaga sholat bagi umat islam sekarang ini dimana dengan sholat menunjukkan bahwa kita taat kepada Allah SWT karena sudah melaksanakan perintahnya akan tetapi lebih dari itu dengan menjalankan ibadah sholat kita sebenarnya membuat jalan keselamatan bagi diri kita sendiri mengingat manfaat dan fadhilah sholat dan semua bentuk ibadah kita kepada Allah SWT akan kembali kepada manusia sebagai objek pelaksana dari Ibadah yang sudah ditentukan tersebut.

Sekira pukul 10.00 WIB, kegiatan pengajian di pagi tersebut disudahi. Menjelang di bagian penutup pada ceramahnya sang ustadz yang masih keliatan muda itu melontarkan sebuah pantun yang disambut dengan tawa riuh siswa yang hadir seraya membalas salam ustadz penceramah tanda berakhirnya pengajian di pagi yang cerah ini.

Tak lupa dari sekolah mengucapkan jazakallah khoiran katsiran kepada ustadz Nur Muhammad atas kesedian waktu dan ilmu yang diberikan pada kesempatan kali ini, insyaallah dilain hari dapat kembali ke SMK AL-ISLAM guna mengisi ceramah ceramah pada acara yang lain. Amin ya rabbal aalamin

Tim media SMK AL ISLAM SURAKARTA

18 Februari 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *