Pukul 16.15 WIB, sebuah mobil LCGC merapat ke pelataran SMK “Al-Islam” solo, tak berselang lama kemudian, 2 orang bapak bapak keluar dari mobil lantas menanya kepada salah satu karyawan sekolah, “Mohon maaf pak, mau mengantarkan paket takjil untuk SMK”kata seorang bapak kepada penjaga sekolah. Setelah mengiyakan, mobil tersebut kemudian dipersilahkan untuk menepikan posisinya di depan teras masjid yang memang berada di dalam lokasi sekolah. Dibantu oleh beberapa siswa yang berpakaian muslim dan gamis, satu persatu bungkusan plastik yang berisikan makanan siap saji diturunkan untuk kemudian dilabeli dengan stiker identitas sekolah.

Hari ini, Selasa 26 Maret 2024, OSIS SMK “Al-Islam” Surakarta akan melaksanakan acara BERTAKBER RAMADHAN 1445 H. BERTAKBER adalah singkatan dari Berbagi Takjil Bersama OSIS SMK “Al-Islam” Surakarta. Acara yang digawangi oleh seluruh pengurus OSIS tersebut dicanangkan untuk memeriahkan dan mengisi kegiatan ramadhan 1445 H ini dengan kegiatan yang positif. Beberapa hari sebelumnya OSIS memberi pengumuman kepada seluruh warga sekolah bahwa OSIS akan membagikan takjil kepada masyarakat yang ada di sekitar sekolah. Dari open donasi yang dibuka terkumpul uang amanah dari donatur sebanyak 1 jutaan. Dari uang tersebut diwujudkan dalam beberapa bungkus makanan siap saji yang terdiri dari snack beserta makanan berat.

Meski pada saat pembagiannya jalanan sekitar sekolah tempat diadakannya acara diguyur hujan yang cukup lebat, namun itu tidak membuat antusias dan semangat pengurus OSIS mengendur. Sambil menunggu hujan mereda, beberapa bungkus nasi siap saji dibagikan oleh beberapa siswa OSIS ke orang orang yang dekat dan lalu lalang dengan letak stand bagi takjil. Ada sekitar 80 bungkus makanan siap saji yang dibagikan di sore itu dan alhamdulillah kesemuanya ludes terbagikan kepada khalayak yang kebetulan mampir dan mendatangi stand.

Sekitaran pukul 17.00 WIB acara bagi takjil dicukupkan karena memang animo warga dan masyarakat yang ingin mendapatkan takjil dari kegiatan di sore itu lumayan membludak. Karena sudah terdistribusikan semua, maka stand pembagian yang yang menggunakan 2 buah meja beserta sebuah MMT bertuliskan Bertakber akhirnya diangkut kembali ke sekolah. Acara pun selesai. Mudah mudahan acara sejenis ke depannya dapat berjalan kembali dan lebih meriah lagi dengan jumlah bungkusan atau parcel yang dibagikan bisa meningkat sehingga lokasi pembagian bisa lebih luas lagi agar kebermanfaatannya bisa menjadi lebih banyak lagi.

Diucapkan jazakumullah khoiran katsiran kepada semua pihak yang sudah membatu, semoga dicatat oleh ALLAH SWT sebagai amalan sholeh pemberat timbangan kebaikan bagi masing masing kita hingga dapat memperingan kesalahan dan dosa kita di yaumul hisab kelak.

Tim media SMK “Al-Islam” Surakarta

29 Maret 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *