SMK “AL-ISLAM” SURAKARTA

                Semua yang berawal pasti akan berujung, segala yang ada titik mulanya maka akan ada titik akhirnya. Kiranya seperti itulah yang menggambarkan kondisi sekarang ini untuk siswa siswa kelas XII SMK “Al-Islam” Surakarta. Setelah cukup mengenyam pendidikan selama kurang lebih 3 tahun bersama bapak ibu guru yang setia mendampingi, kini tibalah saat ujung akhir dimana di hari ini siswa siswi kelas XII akan melaksanakan pamungkas dari serangkaian ujian yang sudah dimulai dari bulan Maret 2024.  Sebuah perjalanan panjang dalam meniti dan mencari ilmu bersama teman seangkatan ditemani guru guru yang tidak kenal lelah membimbing, mengarahkan, mengingatkan dan sudah dianggap seperti anak sendiri.

                Kini tanggal 03 April 2024 di hari Rabu ini, seluruh siswa kelas XII baik dari jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (TJAT) maupun jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) akan menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian dimana pada ujian ini seluruh siswa akan diuji dan dinilai tingkat keterampilan dan kemahiran dalam bidang masing masing. Penguji yang diambil juga tidak sembarangan karena memang dalam uji kompetensi hanya mensyaratkan penguji diambil dari instansi luar (DUDIKA) agar objektifitas pelaksanaan penilaian dapat terjaga dan sekolah dapat mengetahui betul bagaimana kualitas outputan dari seangkatan siswa didiknya.

                Hadir dalam pelaksanaan UKK kali ini selaku penguji pada Jurusan TKJ adalah praktisi network yang sudah malang melintang sebagai penilai baik menjadi juri lomba ketrampilan siswa SMK ataupun menjadi penguji uji kompetensi, beliau adalah Bapak Wisnu Sanjaya, M.Kom yang saat ini masih tercatat sebagai pengajar di salah satu Universitas di kota bengawan. Mengambil beliau sebagai penilai akan menjadi keuntungan bagi siswa siswi karena dari beliaulah anak akan mengetahui sejauh mana ketrampilan yang sudah mereka miliki mampu atau tidak untuk dapat bersaing dengan lulusan dari sekolah lain ataukah sudah dapat mereka aplikasikan di dalam kehidupan mereka kelak jika mereka ingin melanjutkan karirnya atau bekerja di bidang administrasi jaringan.

                Sedangkan di jurusan TJAT sudah menjadi kebiasaan karena memang sudah menjadi partner dalam beberapa tahun terakhir ketika pelaksanaan UKK adalah penguji dari Fiber Academy PT. Telkom Akses Wilayah Telelekomunikasi Surakarta. Dalam kesempatan ini sama dengan tahun lalu, penguji yang dihadirkan dari sana ialah Bapak Ibnu Rohmadi, S.Pd selaku mentor berseritifikat dari Fiber academy ditemani bersama Bapak Bayu Nugroho, S.Pd selaku Koordinator di Fiber Academy Telkom kota Surakarta. Sepak terjang kedua penguji juga tidaj diragukan kerena dari tangan dingin merekalah lahir jointer jointer handal dan kompeten di lingkungan PT. Telkom Akses Surakarta karena memang Fiber Academy disana hadir sebagai wadah untuk menggodok ketrampilan dan kemampuan para teknisi di perusahaan telekomunikasi milik pemeritah itu sehingga tidak jarang ketika ada kompetisi antar teknisi di perusahaan itu, wakil dari kota surakarta tampil sebagai pemenang.

                Pelaksanaan uji kompetensi dimulai dari pukul 07.30 WIB. Sudah hadir dari awal pukul 07.00 siswa siswi bersiap dengan mengenakan seragam ciri khusus (CS) khusus untuk mereka yang akan melaksanakan ujian di hari pertama ini. Ujian direncanakan selama dua hari untuk jurusan TKJ yaitu mulai dari hari Rabu ini sampai dengan hari Kamis di tanggal 04 April 2024. Sedangkan untuk jurusan TJAT pelaksanaan ujian hanya dilaksanakan dalam 1 hari karena kebetulan bisa dikejar dalam waktu satu hari saja. Setelah siswa selesai membuka serangkaian UKK dengan apel bersama pada pukul 07.30, selanjutnya siswa disiapkan di ruang masing masing.  Uji kompetensi TJAT dilaksanakan di Laboratorium TJA di lantai satu, sedang untuk jurusan TKJ dilaksanakan di lantai 3 ruang LAB KKPI.

                Jumlah peserta dari jurusan TKJ sebanyak 35 orang dan jurusan TJAT sebanyak 9 orang. Dan tepat pukul 08.00 WIB masing masing peserta uji nomor urut pertama dipersilahkan untuk menempatkan diri mengikuti serangkaian uji kompetensi. Bahasan yang dipilih pada masing masing jurusan adalah pada jurusan jaringan komputer siswa diserahi tugas sebagai seorang network planner untuk dapat mengkoordinasikan antara beberapa user dalam sebuah jaringan agar dapat berkomunikasi satu dengan yang lain menggunakan peripheral mikrotik. Dengan kata lain siswa diharuskan mempunyai pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola alamat user sekaligus pengelolaan hardware secara keseluruhan.

                Beda dengan jurusan TKJ, siswa di jurusan TJAT diserahi tugas sebagai seorang jointer fiber optik pada 3 terminal yang berbeda, yakni pada terminal OTB (Optical Termination Box) sebanyak 2 buah dan pada terminal closure sebanyak 1 buah. Pada masing masing terminal tersebut siswa diserahi tugas untuk menyambungkan satu helai serat optik untuk kemudian dilakukan pengukuran pada hasil sambungannya tersebut agar diketahui apakah sambungan kabel yang sudah dilaksanakan memenuhi standar (sambungan baik) ataukah tidak memenuhi standar (sambungan tidak baik). Meski tampak mudah dalam penglihatan tetapi pada prakteknya jika tidak dilandasi dengan pengetahuan dasar yang kuat tentang penyambungan maka mustahil siswa dapat menyeleseikan tugas pada uji kompetensi kali ini.

                Satu persatu siswa demi siswa sudah melakukan dan ambil bagian dalam UKK di tahun ini, dan tanpa terasa tepat pukul 16.30 WIB sudah 9 orang anak TJAT dan 15 orang anak TKJ melaksanakan ujian di hari ini dengan begitu alhamdulillah pelaksanaan ujian mereka kali ini komplit dan selesai. Meski di jurusan TKJ yang selesai satu jam lebih awal dibanding dengan selesainya ujian di jurusan TJA pada umumnya tata laksana ujian di hari pertama ini berjalan dengan lancara dan tertib. Tinggal pelaksanaan hari kedua untuk jurusan TJKT.

Selamat anak anak semuanya atas tuaian prestasi kalian hari ini. Bapak ibu guru dan segenap civitas akademik hanya bisa mendoakan semoga ilmu dan ketrampilan yang dimiliki berguna untuk kehidupan kalian ke depannya. amin ya rabbal aalamin.

Tim media SMK “Al-Islam” Surakarta

1 thought on “UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *